Berkarya di Masa Pandemi sebagai Bentuk Pengembangan Keprofesionalan Diri Sebagai Pendidik

Pandemi memberikan dampak yang luas bagi kehidupan manusia seluruh dunia, kekhawatiran akan terpaparnya virus ini semakin menjadi jadi.Dipenghujung akhir tahun 2020 Indonesia masih bergulat melawan covid 19, khususnya di kabupaten Situbondo. Dunia Pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat terdampak, kita ketahui kegiatan pembelajaran tatap muka bisa dianggap sudah tergantikan secara penuh oleh pembelajaran daring yang pada kenyataannya tidak semulus dan sebaik pembelajaran tatap muka sebelum pandemi.

Penulis merupakan guru seni budaya yang sangat merasakan dampaknya, awalnya kegiatan pembelajaran daring menjadi beban tersendiri bagi seorang pendidik dimana lingkungan dan kultur daerahnya masih belum sepenuhnya mampu menjalankan pembeljajaran daring.namun seiring waktu kondisi ini menjadi kondisi yang biasa.disamping tetap memberikan pembelajaran daring dan menjalankan rutinitas kesibukannya sebagai wakil kepal sekolah bagian kurikulum, penulis juga memanfaatkan waktu bekerja dari rumah dengan kegiatan positif.salah satunya yang di jalani sejak awal pandemi yaitu memanfaatkan waktu luang untuk berkarya dan melaksanakan kegiatan pameran bersama baik di dalam kota maupun luar kota. Berkarya di masa pandemi bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas kekaryaan. Selain itu penulis juga melakukan kegiatan pameran sebagai evaluasi dan apresiasi bagi penulis untuk terus mengembangkan dan mengasah potensi diri. Disisi yang lain tujuan berkarya secara tidak langsung juga merupakan bagian dari proses pengembangan keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) untuk meningkatkan kompetensi keterampilan sesuai dengan bidangnya.

Dengan adanya pandemi, kita harus bisa menyiasati kondisi yang terjadi dengan hal hal yang positif. Banyak yang bisa kita lakukan sebagai pendidik di masa WFH. Kita bisa melakukan sesuatu yang dulunya sulit karena sedikitnya waktu saat dirumah. Semoga pandemi ini segera berakhir dan pembelajaran dapat berjalan normal kembali sehingga kita bisa lebih maksimal dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik.

Catatan kegiatan pameran selama pandemi oleh penulis:
1. Telah berpameran bersama seni rupa JAWA TIMUR di Plaza Johar Jember dalam tema pameran “PAGEBLUG” tahun 2020.
2. Pameran bersama seni rupa dalam tema “KHAHANAN” di Bondowoso.

 

 

oleh :

Mohamad Taufik, S.Pd.

Guru Seni Budaya